Cara menampilkan Isi Database dan Tabel dengan ADODC dan DataGrid dengan VB6

Cara menampilkan Isi Database dan Tabel dengan ADODC dan DataGrid dengan VB6 - Selamat malam dan selamat berjumpa lagi dalam tip dan trik VB 6.0, pada pertemuan malam ini Saya ingin melanjutkan Bagaimana Cara menampilkan Isi Database dan tabel dengan Adodc. Pada minggu yang lalu saya sudah memberikan trik Bagaimana cara menampikan Database dan tabel dengan Form Wizard, dan kali saya ingin memberikan trik selanjutnya bagaimana Cara menampilkan Isi Database dan tabel dengan Adodc dan Datagrid.

Ado Data Control atau ADODC adalah  objek yang di gunakan untuk menghubungkan database dengan program aplikasi yang kita buat menggunakan ADO.

Ada dua properti dalam objek Adodc yang sangat berperan untuk menghubungkan objek Adodc dengan database, yaitu ConectionString dan RecordSource.Jika kedua proprti tersebut sudah diisi dengan benar, berarti objek Adodc sudah berhasil di hubungkan dengan database.

Koneksi database dengan Cara menampilkan Isi Database dan Tabel dengan ADODC dan DataGrid dengan VB6 kurang lebih agak sama dengan cara wizar bedanya kita mengkoneksikannya disini lewat form properties.

Berikut adalah langkah-langkah dalam pengkoneksiannnya:

Cara Menampilkan Isi Database dan tabel Menggunakan ADODC dan DataGrid

1. Buka VB 6 Pilih Standar EXE dan klik Open
2. Tambahkan Form Anda dengan 1 buah Datagrid dan 1 buah Adodc,Bila DataGrid dan Adodc belum ada di toolbox tekan CTRL+T lalu cari Microsof Ado Data Control 6.0 dan Microsoft Datagrid Control 6.0 bila sudah kektemu Cek list keduanya tekan Apply 
3. Tanamkan Adodc control dan Datagrid Control kedalam form
4. Lalu klik Adodc1 kemudian klik ConectionString yang ada di Properties dengan tanda [...] disebelah kanan,lihat sperti gambar dibawah:

Jendela Propeties

5. Setelah itu muncul gambar propertyPage lalu tekan tombol Build seperti gambar dibawah ini:
6. Muncul gambar Data Link dan pilih Microsoft jet 4.0 OLEDB kemudian Next

7. Kemudian muncul DataLink Properties, masukan Database Name dengan cara klik [...] dan pilih tempat penyimpanan Database dan pilih nama databasenya setelah itu klik "Tes Connection" dan Tekan tombol OK, lihat gambar dibawah
8. Kemudian tekan tombol Apply.
9. Kemudian Tekan Tab Recordsource lalu pilih Command Type: 2-adCmdTable dan Table or Stored Procedure Name: Nama Tabel Anda misal Tabel_Karyawan klik Apply dan OK.lihat   gambar dibawah :
10. Kembali Form, sekarang  klik DataGrid1 pada form Anda, pada Propeties pilih DataSource: Adodc1. lihat seperti gambar dibawah ini:



11. Kemudian Save dan jalankan dengan F5,.

Ini adalah termasuk cara koneksi tang paling mudah dan paling banayak di praktekkan karena gampang dipelajari dan sering digunakan untuk para pemula seperti saya.Waktu Saya kuliahpun di ajari dengan cara seperti ini.Dan di pastikan berhasil di banding dengan cara-cara pengkode-an.

Di tip dan trik inipun kita nantinya akan mengulas bagaimana mengkoneksikan Database dengan menggunakan kode baik dengan module ataupun dengan kode-kode tertentu.Hal ini lebih sulit, butuh ketelitian yang sangat tinngi.Silahkan ditunggu tipberikutnya tentang konesi database.

Demikian Cara menampilkan Isi Database dan Tabel dengan ADODC dan DataGrid dengan VB6.Semoga bermanfaat.


No comments: